HUBUNGI KAMI

PUSAT INFO PERTANIAN & PERKEBUNAN
Memberikan berbagai informasi tentang dunia pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan

TOKO PLASTIK PERTANIAN
Polybag, Paranet (Shade Net), Mulsa Plastik, Plastik UV Greenhouse, Insect Net, Insect Screen, Karung Beras, Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Roll, Waring Sayur, Waring Ikan, Jaring PE, Jaring Keramba, Terpal Plastik, Geomembran, Selang Plastik, Tali Salaran, Plastik Sungkup, Polynet (Safety Net), Kantong Sampah, Geomembran, Plastik LDPE, dll.

HUBUNGI KAMI
• SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
• Phone/Fax: 031- 8830487
• Email: limcorporation2009@gmail.com

Cara Budidaya Ikan Bawal Dalam Kolam Terpal

Budidaya Ikan Bawal di Kolam Terpal
Ikan bawal ialah sejenis ikan yang mempunyai asal dari sungai Amazon di Brazil. Bawal sendiri cukup memiliki bentuk yang hampir serupa dengan ikan jenis piranha. Bawal memiliki badan berbentuk pipih serta bulat dan warna kulitnya yang agak keperak-perakan, bawal memiliki lubang hidung yang cukup besar, serta ujung sirip berwarna merah ataupun kuning. Ikan bawal tergolong ke dalam jenis ikan karnivora atau pemakan daging.

Mirip dengan ikan piranha, ikan bawal umumnya bertahan hidup secara bergerombol namun dalam jumlah kecil, yang menjadi santapannya adalah seperti udang, siput, katak, serta ikan-ikan kecil. Tak hanya itu, bawal sendiri termasuk jenis ikan yang lumayan terkenal di pasar ikan-ikan konsumsi. Jenis dari bawal air tawar sendiri kini memiliki popularitas yang tak kalah baiknya dengan ikan tawar yang lainnya.

Peluang bisnis dari budidaya ikan bawal pada kolam terpal menjadi salah satu jenis bisnis atau usaha yang cukup menjanjikan untuk Anda. Ikan bawal termasuk kedalam ikan air tawar yang cukup banyak dikonsumsi serta banyak diolah pada berbagai warung makan untuk dijadikan masakan seperti ikan bawal goreng, ikan bawal goreng, ikan bawal asam manis, resep pepes ikan bawal, sop ikan bawal, resep sup ikan bawal, bumbu pepes ikan bawal, masakan ikan bawal bumbu kuning, ikan bawal saus tiram, bumbu ikan bakar bawal, pepes ikan bawal, aneka masakan ikan bawal, resep ikan bawal saus kecap, serta masih banyak yang lainnya.

Cara budidaya ikan bawal dengan memakai kolam terpal dinilai lebih unggul dan efisien dalam ukuran waktu, pula umumnya yang tak begitu banyak kalau dibandingkan dengan kolam tanah. Kolam terpal yang telah jadi tak dapat eksklusif dipergunakan begitu saja. Kolam terpal perlu diisi air lebih dulu dengan kedalaman sekitar 50 cm selanjutnya didiamkan sekitar 2 hari lamanya. Sesudah 2 hari, air kolam perlu diganti kembali serta dibiarkan lagi selama 1 minggu dengan Anda tambahkan beberapa langkah tambahan seperti contohnya menawarkan daun ketepeng atau juga daun pepaya untuk dijadikan antiseptik.

1. Pemupukan Kolam
Untuk tahapan budidaya ikan bawal pada kolam terpal, pemupukan yang dikerjakan pada dasar kolam tak haruslah dilakukan. Hal tersebut berbeda sama sekali atau sebaliknya dengan kolam yang dibuat dari tanah yang memang membutuhkan sebuah perlakuan khusus yakni pada tahap pemupukan. Yang menjadi dan harus Anda perhatikan saat memakai terpal sebagai media kolam Anda yakni salinitas serta kebersihan terpal itu sendiri. Pencucian serta perendaman wajib dikerjakan guna menjaga budidaya ikan tetaplah dapat berlangsung sesuai dengan rencana.

2. Penebaran Bibit
Dalam pembudidayaan kolam terpal, penyebaran bibit ikan bawal tak sama dengan halnya yang di kolam tanah. Bibit ikan bawal yang ditebarkan nanti paling tidak mempunyai ukuran sekitar 5-12 cm. Penyebaran bibit ikan bawal perlu dikerjakan dengan plastiknya guna menawarkan penyesuaian ke para bibit ikan bawal. Sesudah 2 jam berlalu, bukalah penutup plastik tadi serta biarkan bibit ikan bawal keluar dengan sendirinya dan berenang. Tingkat kepadatan pertolongan bibit ikan bawal yakni sekitar 100-150 ekor tiap meter. Ketinggian yang ideal dalam budidaya bibit ikan bawal adalah berkisar 30-40 cm. Dalam tahapan budidaya ikan bawal di kolam terpal ini, yang perlu Anda perhatikan yakni pertolongan filter guna mengalirkan oksigen.

3. Pemberian Pakan
Pakan termasuk salah satu utama dan terpenting dari budidaya ikan bawal ini, sebab hampir seluruhnya mengeluarkan biaya hingga 60% dari total ongkos operasional. Makanan ikan bawal perlu diberikan dengan benar dan teratur. Pemberian pakan ikan bawal perhari paling tidak memerlukan sekitar 3-5% dari berat badan dari bibit ikan serta kandungan protein minim 25%.
Guna membantu perkembangan bibit ikan, pakan perlu dikerjakan 3 kali dalam 1 hari dengan cara menebarkan secara merata ke dalam area kolam. Guna meningkatkan potensi dari hidup ikan, pertolongan vitamin seperti contoh lipopolisakarida bisa Anda campurkan dengan makanan dari ikan bawal. Tak hanya itu, kolam pula perlu dibersihkan paling tidak sekitar 20 hari sekali dengan memakai spon.

4. Pemanenan Bawal
Panen untuk ikan bawal ini bisa Anda kerjakan sesudah ikan berusia 4-5 bulan dari tahap penebaran bibit, ataupun dapat dikerjakan jikalau berat badan pada ikan bawal telah mencapai angka antara 300-500 gram. Pemanenan ikan bawal pula bisa dikerjakan secara selektif maupun secara keseluruhan atau total. Pemakaian alat guna memanen ikan bawal sendiri umumnya dapat berupa jaring yang mempunyai diameter yang cukup lebar.

Demikian artikel tentang Cara Budidaya Ikan Bawal Dalam Kolam Terpal, semoga bermanfaat. Jika Anda membutuhkan terpal plastik untuk kolam ikan dan berbagai kebutuhan lain silahkan hub kami di SMS/Call/WA: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950. Chat langsung dengan admin klik DISINI.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Bawal Dalam Kolam Terpal"

Posting Komentar